Halo!

Aku comeback dengan membawa sebuah tips pertama aku di blog ini. Jadi maafkan kalau bahasanya gak enak ataupun gak mudah dipahami;; karena aku bukan mastah.

So, check it out!

  1. Pemilihan foto cast
    Foto cast adalah salah satu elemen penting dalam pembuatan poster. Entah fancy, dark, ataupun soft. Dalam poster fanfiction, aku biasanya memakai foto cast yang benar benar HQ(kecuali kepepet dan akhirnya pake yang sizenya besar huhu). Di google itu sendiri sudah disediakan semacam tool yang benar-benar menyeleksi foto terbaik dari semua gambar yang muncul. Selain google, ada juga weheartit, tumblr, dan lain-lain yang menyediakan foto yang kalian butuhkan. Foto tidak hanya berupa foto single (?) tapi juga bisa berupa photopack. Nah, aku biasanya milih photopack itu karena sebagian besar fotonya HQ, juga cocok buat soft poster.
    warn: Aku tidak menyarankan kalian untuk menggunakan foto selfie ataupun semacamnya dalam pembuatan poster. Kualitas foto akan sangat berpengaruh. Juga, apabila cast yang dipakai lebih dari satu, usahakan pilih warna yang sepadan agar tidak kesusahan saat coloring nanti.
    Satu lagi. Sesuaikan ekspresi photo yang akan digunakan dengan summary cerita. Misalnya, di summary itu tentang seorang yeoja yang divisualisasikan dengan ulzzang mengalami depresi berkepanjangan. Kamu bisa memilih ekspresi yang sedih ataupun foto yang menunduk.
  2. Peletakan cast
    Aku melihat beberapa artworker (termasuk diriku sendiri) yang selalu sama dalam menempatkan posisi castnya. Contoh, si cast cewek yang selalu berada di samping cast cowok. Tentunya, kalian bosan dong, guys. Aku sarankan kalian mencari referensi dari artworker kece di AFF, ataupun kak Castorpollux (salah satu artworker fav aku ini mah), kak MelurMutia, ataupun ke blog yang menyediakan jasa request poster FF.
    Selain penempatan atas-bawah, kita juga bisa mencoba facemixing, portrait back-ward style, dan juga picspam ala anak-anak tumblr gitu.Q: “Apa itu portrait backward style?”
    A:”Foto cast saling memunggungi.”

    Biasanya, aku melakukan portrait backward style ini kalau castnya dua orang karena jujur, aku anaknya simple banget.
    Kalau picspam, aku saranin warnanya jangan terlalu strong gitu. Malah jatuhnya fancy. Kalau emang mau strong, sesuaikan jalan cerita aja.
    Park Ji Rong contoh picspam buatan aku. Anyway, jangan pada gumoh bikaus w memang bukan mastah ><

  3. Typography
    AA!!!! Pengen triak rasanya. Jujur, ini sendiri aku masih belajar. Kalau typography emang gampang-gampang susah sih.
    Kalau untuk genre soft, biasanya aku nemuin kaya tulisan latin atau basic font. Soalnya biar nonjolin kesan naturalnya gitu. Oh iya, warna font sendiri gak harus warna merah terus. Bisa putih, ditambahin clipping mask, ataupun hitam. Tergantung warna backgroundnya sendiri. Kalau gak kelihatan, bisa dimodifikasi dengan drop shadowSetting sendiri sampai sekiranya memuaskan.
    Tutorial typography: here
    Download font: dafont.com, 10001font, google, dsb
    Recommended font: Times New Roman, Orator STD, Chardons, Cambria, Chasing Embers, dsb.
    Oh iya, soal penempatan teks, kamu bisa modifikasi dengan menggunakan style text di tool yang disediakan PS itu sendiri, di polygonal tool untuk membuat teks yang terbelah (?). atau di clipping mask. Semua itu tergantung keadaan poster kamu juga sih. Tapi untuk yang clipping mask jujur aja aku belum pernah pakai, karena aku biasanya memilih teks itu di overlay lalu aku duplicate.
  4. Texture
    Karena texture yang digunakan untuk cover itu biasanya sedikit, jadi aku gak mau banyak omong. Ada juga poster yang menggunakan texture yang numpuk tapi biasanya itu poster yang soft-happy ataupun soft-colourfull. Kalau yang soft-calm jarang menggunakan tekstur yang lebih dari dua. Untuk soft-dark, cukup gunakan tekstur yang warnanya pekat kaya hitam, cokelat, atau light texture.
    contoh poster yang menggunakan texture yang bertumpuk:
    Cant Let Go <–digunakan untuk poster soft-dark, untuk yang temanya nature tidak disarankan.
  5. Coloring
    Aku memilih menggunakan PSD yang bright soft untuk tema soft-calm. Kalau kurang pas, kamu bisa menambahkan brightness, contrast, dan yang lainnya. Semua itu sudah tersedia di PS. Aku tidak akan menjelaskan secara rinci tentang tool tersebut. Tapi, untuk soft-colourfull aku biasanya menggunakan selective colour, hue and saturation, atau vibrance. Tinggal kamu utak-atik aja sesuai selera.
    tips: untuk mengoreksi warna, kamu bisa klik Auto Tone-Auto Contrast-Auto Color jika pembuatan poster(termasuk coloringnya) sudah selesai. Dengan itu, warna di poster kamu otomatis diselaraskan oleh PS.

 

Q & A

Q: “Kamu biasanya edit dimana? Download dimana?”
A: “Aku biasanya edit di PS CS6, downloadnya di google. Kalau belum punya, keywordnya ‘download free adobe photoshop cs6 fullpack.”

Q: “Kalau download texture ataupun foto cast keywordnya apa?”
A: “Untuk foto, cukup ‘nama cast hq’ untuk texture juga berlaku sama.”

Q: “Opacity eraser kamu berapa?”
A: “Untuk lebih mudah nge-blending dengan background, biasanya kalau tepian yang jauh dari wajah itu Opacity=100 Fill=7. Yang area wajah ataupun badan Opacity=100 Fill=4. Memang membutuhkan waktu lama, tapi nanti hasil erasenya soft banget.”

Q: “Gimana penempatan credit?”
A: “Aku gak selalu menempatkan kredit kaya di film film itu, tapi kalau ada area yang kosong bisa kamu kasih disana.”

Q: “Sering pake topaz gak?”
A: “Gak punya malah. Biasanya aku akalin pake Smart Sharpen dan Gaussian Blur. Tapi, kalau ada yang punya link untuk download topaz free, kasih tau aku ya!”

Q: “Inspirator untuk poster soft kamu?”
A: “Banyak sekali! Kak MelurMutia, kak Sasphire, kak Tazkia, kak Kryzelnut, kak Blacksphinx, kak Sifixo, kak Cosmicbeat a.k.a Castorpollux, artworker AFF. Kamu juga bisa cari referensi di Shadowplay. Aku juga biasanya main disana. Gak join forum sih, cuma liat liat. Hehe.”

Sekian tips dari saya hoho. Maafkan kalau ada yang tidak dimengerti ataupun kurang berkenan. Selain yang aku sebutkan tadi, sebenarnya masih banyak inspirator yang sering dijadikan referensi dalam pembuatan poster. Kamu tinggal blogwalking dan bertanya kalau ada hal yang tidak dipahami ❤

Aku gak ahli dibidang ini sebenernya (masih belajar) tapi akhirnya pede pede saja setelah ada masukan hehe:”

Review and critics sangatttt diperlukan. Kalau ada tips tambahan, bisa ditambahkan di kolom komentar! Kita bisa sharing bersama sama ❤

Regards,

Aeyoungiedo

